Nasihat Jack-Ma untuk Para Calon Entrepreneur

Sudah lama rasanya tidak membaca buku motivasi, tapi obrolan singkat saya saat di-interview  seorang Director di suatu multinational company di Jakarta kemarin, cukup memotivasi saya dalam masa-masa mencari pekerjaan sekarang. Kisah tentang seorang founder dan CEO perusahaan berbasis online dari China, Alibaba,com, yaitu Jack-Ma. Pada November 2014, ia dinobatkan sebagai orang terkaya No. 1 di China dan orang tekaya ke-18 di dunia.

http://www.finansialku.com/wp-content/uploads/2015/10/Nasehat-Jack-Ma-untuk-Entrepeneur-Muda-Perencana-Keuangan-Independen-Finansialku.jpg

Sebelum usia 20 tahun:
jadilah murid yang baik, mencoba bisnis dan merasakan jatuh-bangkitnya.

Sebelum usia 30 tahun:
Bekerjalah! Cari mentor yang baik untuk pengembangan diri. Jika diperusahaan kecil, belajarlah tentang cita-cita dan semangat. Jika diperusahaan besar, belajarlah tentang proses bisnisnya secara keseluruhan.

Sebelum usia 40 tahun:
Bekerjalah untuk diri sendiri, jika kamu benar-benar ingin menjadi entrepreneur.

Saat usia diatas 60 tahun:
Habiskanlah waktu untuk diri kita sendiri, dan bersenang-senanglah atas pencapaian kita selama ini.

Sharing ini berkesan banget buat saya, sebagai seorang yang bercita-cita besar untuk memiliki bisnis namun merasa belum yakin karena belum punya modal, dll. Sebagai seorang perempuan yang terbayang tidak akan kerja terus-menerus karena butuh waktu khusus untuk mengurus sendiri perkembangan anak dan mengatur keluarga. Sebagai juga yang merasa sudah mencoba nasehar Jack-Ma secara tidak disengaja, selama kuliah mencoba jatuh-bangkitnya bisnis, setelah usia 20 tahun mencoba bekerja diperusahaan kecil dan sedang berharap untuk mencoba bekerja diperusahaan besar dengan tujuan mempelajari bisnis keseluruhan.

Semoga cita-cita saya tercapai! Aamin ya Rabbal alamiin :)

Lebih lengkap tentang 17 nasehat Jack Ma yang lain yang sangat berguna
http://www.idntimes.com/novi/17-nasehat-bijak-dari-jack-ma-untuk-kamu-yang-sedang-menuju-kesuksesan

http://www.fahdpahdepie.com/post/123228779037/jack-ma-51-tahun-adalah-seorang-pengusaha-sukses

Komentar

Postingan Populer